Kunjungi Lokasi Drama Goblin “Gong Yoo” di Korea Selatan

Okaaaayy, akhirnya sempat juga untuk nulis tentang ‘napak tilas’ gw ke lokasi syuting drama korea Goblin yang lagi hiets awal tahun ini. Ya owooohhhh sayangnya daku tak sempat kegep (emang ngapain?) ketemu ama mas Gong Yoo. Yaaakeles doi keliaran disekitar lokasi syuting lagi ahahaha πŸ˜€

Udah pada tau dong dan nonton si drama ini?

Source dari drama fever
Kebetulan rencana traveling solo ke Korea Selatan udah mateng sejak awal tahun, maka tujuan wisata jadi berubah ciiin karena nonton dramak ini. Tadinya fokus mau ke kebudayaan dan belanja, eh jadi pengen ngunjungin lokasi-lokasi tempat syuting nya Goblin deh eaaaaa. Gak semua lokasi bisa gw datangi, selain karena jarak yang saling berjauhan, plus lokasi tersebut ternyata tak seindah seperti yang ditampilkan di drama-nya. Bisa saja karena pengaruh pengambilan gambar di musim yang berbeda. Gw datang di musim semi, sedangkan pengambilan gambar di musim gugur, otomatis suasana alam disana akan jauh berbeda. Ngapain juga jauh-jauh ya bok kesono kalau emang gak sekeceh aslinya eaaaa πŸ˜€

Untuk referensi awal, gw baca blog ini. Doi cukup update dan jelas mendeskripsikan dimana lokasi syuting drama Goblin sebenarnya.

Oke, langsung saja, gw infokan dimana saja lokasi drama Goblin yang sempat gw datangi :

  • Hanmi Bookstore ν•œλ―Έμ„œμ  (Yellow Exterior Walls)

Tau doooonggg, toko buku hits yang jadi landmark drakor ini. Yesss, si toko buku berwarna kuning yang berada di Incheon. Sebenarnya lokasi toko buku tersebut di pinggir jalan dan persis di persimpangan. Situasi di dalamnya pun padat buku dan sepi, karena jualnya buku bekas siy ya. Pemilik toko buku gak bersedia difoto, katanya udah sering yang datang kesini untuk foto bareng dia ahahahaha. Berminat beli buku disini? Silahkan saja siy, tapi semua buku adalah buku bekas dengan bahasa Hangul Korea. Gw mana bisa baca, jadilah gw kesini cuma untuk foto-foto sajah πŸ˜€

Eun Tak dan Kim Shin lagi jalan depan Hanmi Book Store

Kalau ini si Tante Silpih yang lewat ahahaha πŸ˜€
Lokasi : Incheon. 14-4 Geumgok-dong. Dong-gu, Incheon. South Korea (kabarnya udah diganti cat interiornya gak warna kuning lagi, wkwkwk kayanya si pemilik bete kali didatangi para pecinta drakor tapi gak beli buku)

Dari Seoul ke Incheon takes time 1,5 jam deh
Seperti biasa gw mengandalkan Google Maps yang udah canggih banget informasinya. Jadi begitu nyampe di Stasiun Incheon gw langsung nyari di google maps, lokasi persis si Hanmi Bookstore ini, untuk tau naik bus yang mana. So tenang aja, bakal ketemu kok, gak akan nyasar.

  • Chocolatier Zino @ Paju – Steak Restaurant that they frequently dine at in β€œCanada” 

Sebenarnya restoran ini tidak berada di Kanada sama sekali, tetapi di kota Paju, utara Korea Selatan. Letaknya nyempiiiilllll banget. Untung akhirnya gw nemu dan berhasil nyampe sini. Pulangnya pun agak dramak siy, karena sulit untuk dapat taksi, akhirnya gw dianterin sama mas-mas pemilik restoran.

Suasana dalam restoran emang bergaya klasik Eropa, seperti gak menyangka berada di Korea saat itu. Interiornya mewah sekaligus klasik. Gw awalnya duduk di lantai atas, karena lantai bawah tempat mereka persis dining berdua lagi dipakai orang (yesss banyak juga yang kesini demi napak tilas lokasi drakor). Setelah orang dibawah pergi, baru deh gw berkesempatan foto-foto disini ehehehe.

Eun Tak dan Kim Shin lagi dinner di restauran yang konon berada di Kanada, tetapi sebenarnya masih di Korea

Tante Silpih sendiri ajah gak ada Kim Shin nya πŸ˜€
Kata pemilik restoran siy ini lokasi persis meja tempat dilakukan syuting Goblin. Ada foto mereka berdua loh dipajang disana. Ohya kalau kesini mending pesan kopi aja deh, makanannya overpriced siy bok. Makanya gw cuma pesen kopi yang tetap ya again and again gw bilang kopi di Korea sangat tidak strong, bener-bener kaya air dikasi kopi setetes. Paling mending rasa kopi yang enak gw pernah coba cuma di Common Ground tempat anak muda hipster Korea berkumpul, lokasinya di Seoul.

Ehem berikut pajang foto-foto gw lah ya dengan aneka pose di restoran yang naujibileh usahanya untuk bisa sampai kesini πŸ˜€

Lokasi : Paju. 195-56 Saeori-ro, Tanhyeon-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do, South Korea.

Dari Seoul akan memakan waktu 2 jam perjalanan
Ancer-ancer lokasi adalah si restoran ini sumpah nyempiiilll banget masuk dari jalan raya. Jalan raya yang dituju adalah searah dengan jalan raya tempat wisata Provence Village yang terkenal sebagai lokasi syuting drakor “My Love from The Star”. Nah teruuusss aja keatas nanti akan ada plang atau tanda kecil di kiri tulisannya “Chocolatier Zino”. Lalu turun deh lewatin berapa bangunan, baru deh nemu si restoran. Dari luar keliatan biasa aja, pas di dalam baru deh berasa baguuuusss.

***

Sebenarnya gw cuma ke 2 lokasi tersebut saja yang terkait dengan drama Goblin. Sisanya gw gak sempet cin nyari, karena banyak ahenda tsaaaahhh untuk mendatangi lokasi-lokasi yang lebih unyu tapi gak berhubungan dengan drama Goblin.

Berikut beberapa lokasi wisata juga yang banyak muncul di drama Korea dan sering dijadikan lokasi syuting.

  • Provence Village. Drama Korea : My Love from The Star

Lokasi : 82-1 Seongdong-ri, Tanhyeon-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do, South Korea

Lokasi ini gak jauh dari jalan raya utama tempat halte bis dari Seoul. Cuma untuk kesini better naik taksi atau ya jalan kaki, sekitar 500-800 m deh. Public transport agak susah, bahkan gak ada gw rasa. Gw kesini jalan aja dari hotel. Actually agak zonk siy ya isinya tempat ini. No attraction at all, cuma artificial park dengan beberapa bangunan lucu yang bagus dijadikan lokasi foto. Instagram-able banget deh. Tapi ya gitu aja, nothing to explore. Perlu diperhatikan dari Seoul kesini bisa 2 jam, kalau tujuan kesini hanya untuk napak tilas mending dipikirkan kembali. Gw kesini sekalian dari DMZ dan emang menginap semalam di kota Paju, demi efisiensi waktu untuk explore lebih jauh mengenai lokasi yang ingin gw datangi disini.

Gak ada isinya, cuma buat foto-foto doang

Instagram-able sik. Layak jadiin profile picture

Disini mural-nya lumayan oke

Jangan lupa ngufi syantik di toko kue di area Provence, enak kuenya dan kopinya okeh (meski tetap tidak strong)
 

  • Coffee Prince. Drama Korea dibintangi Gong Yoo >> Coffee Prince

Lokasi : 337-2, Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul, South Korea

Penggemar oppa Gong Yoo manaaaa suaraanyaaaaa? ahahahaha. Masa siy pecinta drakor kelas berat gak pernah nonton drakor hiets abis yang tayang tahun 2007 lalu. Disaat Gong Yoo masih bisa disebut Oppa belum disebut Ahjussi ahahahaha. Eh karena kegantengannya masih layak disebut Oppa lah ya πŸ˜€ maksa Sesuai namanya lokasi utama pengambilan drama ini adalah Coffee Shop yang dikelola oleh Gong Yoo.

Dramak ini lohhhhh, inget kaaaan?
9 tahun berlalu, taraaaaa….beginilah penampilan si coffee shop tersebut. Sungguh sangat mengecewakan dan tidak terurus. Masih ada siy yang jualan kopi di dalamnya, tetapi tidak dikelola secara profesional. Sepertinya tempat ini hanya dibiarkan begitu saja dan dana pengelolaan bergantung dari pembelian kopi pengunjung sajah. Gw kesini siy pengunjung sepi ya, secara horor gini penampakannya. Bisa dikatakan yang kesini hanyalah para penggemar drakor, bukan orang Korea yang berkunjung reguler untuk mencicipi minuman khas Coffee Prince. Harga kopinya juga overprices. Untuk segelas Cappucinno harganya mencapai 70.000 rupiah. Mahal ya ciiin πŸ˜€

Suasana eksterior kafe Coffee Prince yang keliatan tidak terawat

Suasana dalam kafe yang hmmmm hambar yaaa πŸ˜€
Jadiiiii, saran gw siy kalau kesini low expectation ajah. Gak usah ngarep bakal ketemu suasana yang keren, karena kenyataannya jauuuuhhhh sekali dari itu. Bagi bukan penggemar dramak Korea mah jangan kesini, wong gak ada yang bisa dinikmati baik suasana maupun makanan/minumannya.

  • Stasiun Namyeong – Stasiun Seoul. Drama Tomorrow With You

Drama ini gw tonton karena ada Shin Min Ah yang mainnya. Gw suka akting effortless dia dan baju-baju yang dia pakai casual dan lucuuuu. Ahahahaha salah fokus ya bok. Tapi begitulah. Ceritanya sendiri siy, si cowo/pacar/suami nya Min Ah adalah seorang time traveller. Dia bisa berpindah waktu ke masa depan maksimal 3 tahun kalau gak salah, ketika melewati subway dari Stasiun Seoul ke Stasiun Namnyeong, serta sebaliknya dia akan kembali ke masa kini apabila melalui subway di arah yang berkebalikan.

Drama Korea tentang time traveller

Tadinya gw emang gak bertujuan untuk napak tilas kesini, since disini Korea dramaknya juga masih tayang jadi gw pikir belum hits lah. Tapi karena mau menuju beberapa lokasi di Seoul eh gak sengaja gw ternyata melintasi subway yang dimaksud. Gw rada kaget bok karena di subway antara stasiun Seoul dan Namyeong itu tetiba mati lampu di subway dan ada bunyi geredakan gitu. Gw panik, tak pikir ada gempa atau subway mendadak mati. Cuma gw heran kok penumpang enggak ada yang teriak atau panik, literally cuma gw yang panik ahahaha. Disanalah gw baru nyadar nama stasiun tersebut dan lokasi subway yang gw lewati.

 

Jaraknya cuma 1 stasiun, Seoul – Namyeong dan sebaliknya

Gw sengaja naik pp diantara 2 stasiun itu
Dugaan gw (karena gw udah browsing belum nemu juga artikel yang membahas soal kecelakaan diantara kedua stasiun itu bener atau tidak) mungkin benar ada kecelakaan, thats why si lampu selalu dimatikan saat melewati terowongan antara 2 stasiun tersebut. Sebenarnya saat mati lampu ada suara announcer yang (mungkin) menjelaskan perihal kenapa lampu dimatikan. Tapiiii gw gak yakin juga secara gak paham bahasa Korea ya bok, jadi ya itu berdasarkan dugaan gw aja sik ehehehe πŸ˜€ Kalau ada yang punya info real boleh loh lemme know, secara gw emang penasaran dengan case ini.

 

 

 

 

 

 

 

2 Replies to “Kunjungi Lokasi Drama Goblin “Gong Yoo” di Korea Selatan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s