Aplikasi Wajib Dimiliki Untuk Traveling

Traveling pada digital era kaya gini dipermudah banget dengan kehadiran beragam aplikasi. Mulai dari aplikasi maps, pemesanan hotel, pemesanan pesawat, bus, train dan aneka transportasi lainnya. Bahkan beberapa tahun belakangan muncul juga aplikasi yang menyarankan itinerari atau rencana perjalanan yang cocok untuk kita. WOW! banget kaaan. Semacam gak usah ribet untuk tau lokasi dan tempat apa saja yang bagus dikunjungi apabila bertandang ke suatu kota.

Berikut ini beberapa aplikasi wajib yang gw download dan sangat berguna banget memberikan informasi yang dibutuhkan saat gw traveling. Gw bagi dalam beberapa kategori ya ahahaha maklum ocd dikiiiit.

Pencari Lokasi/Jalan di dalam kota

Google Maps

Kayanya ini mah udah pasti lah ya. Setiap yang jalan-jalan pasti butuh banget panduang abang Google. Apalagi sekarang udah lengkap banget dan detail banget deskripsi lokasi yang tertera. Kemarin gw ke Maroko juga pakai google maps udah canggih banget, detail tau dimana letak restoran, penjual pulsa bahkan ATM. Waktu di Jepang malah lebih canggih lagi. Tinggal masukin lokasi saat itu dan tujuan kita, maka akan terpampang nyata how to get there-nya menggunakan transportasi apa. Bahkan jadwal kereta di Jepang komplit banget tertera di Google maps.

Aplikasi citymapper

Moovit

Aplikasi baru gw kenal setelah traveling ke Eropa-Balkan selama 44 hari. Karena mendadak google map gak begitu bagus saat dipakai, dan citymapper pun lelet. Ternyata sangat efektif loh pakai aplikasi ini, dan alternatif transportasinya juga lebih lengkap dibanding Google Maps.

Seperti ini penampakan depan aplikasinya

Citymapper

Selain Google maps gw juga sering pakai citymapper. Sayangnya citymapper ini gak sedetail Google maps dalam ngasi informasi, misal tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jalan kaki dan arahnya kemana aja. Kalau google maps kan detail ya bok bahkan sekalian panduin arah macam gps aja. Tapi untuk informasi kedatangan transportasinya siy, citymapper ini akurat banget. Misal bus nomor segini ada di halte nomor berapa dan akan datang berapa menit lagi. Bahkan ada notifikasi segala kalau bis ini akan datang 2-3 menit lagi.

Lengkap untuk informasi moda transportasinya

Pencari Aneka Moda Transportasi (antar kota & negara)

Skyscanner

Para pencari tiket murah pasti udah kenal dong aplikasi ini. Secara ya skyscanner lumayan stabil gak sering crash, bahkan ada menu ‘save’ untuk jadwal flight yang kita incar. Walaupun ujung-ujungnya gw selalu pesan tiket pesawat melalui website airlines itu langsung, tapi gw perlu banget nih si skyscanner untuk membandingkan antar airlines, mana harga yang paling murah (penting ini), mana waktu keberangkatan dan kedatangan yang paling ciamik, dan sebagainya.

Aplikasi penerbangan dan pencari moda transportasi

Rome2rio

Gw sering pakai aplikasi ini untuk tau ‘how to get there’ dari satu kota ke kota lainnya bahkan antar negara. Aplikasi ini menyajikan banyak pilihan moda transportasi yang bisa ditempuh menuju lokasi tujuan. Bisa menggunakan pesawat, train, bus bahkan mobil sewaan. Lengkap dengan perkiraan harga dan link menuju website moda transportasi yang dimaksud. Kalau icon di kanan tersebut di klik, langsung terhubung dengan website train/bus/pesawat yang dimaksud.

Keliatan kalau mau ke Bilbao dari Madrid naik apa saja

Pencari Jemput/Antar dari atau menuju Airport/Stasiun/Terminal Bus antar kota

Getyourguide

Awalnya siy tau ini gak dari aplikasi, tapi melalui website. Baca-baca di forum banyak juga yang menggunakan website ini (yang ternyata memiliki aplikasi) untuk beragam pemesanan. Khususnya pemesanan tur, transfer car dan transport card. Gw sendiri pernah beli Lisboa Card yang tadinya mau dijadiin transport card di Lisbon selama 2 hari. Ternyata setelah  1 bulan berlalu dari waktu pemesanan, gw berubah pikiran. Lalu gw cancel dan 1 bulan kemudian dana kembali di refund ke CC. Gak ribet ciiin.

Trus untuk private car transfer dari Lisbon Airport ke hotel gw juga menggunakan getyourguide ini. Pelayanannya oke banget dan tepat waktu. Begitu juga waktu gw balik dari Porto, dari hotel menuju airport gw menggunakan aplikasi ini lagi. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Sangat direkomendasikan!

Gettransfer dan getyourguide

Get Transfer

Sejujurnya gw baru download aplikasi ini pun pas di Barcelona. Sebelumnya cek getyourguide dari hotel gw di Barcelona menuju bandara kok mahal banget, ampe 55 euro bok. Yailaaahhhh jauh ya ternyata lokasi hotel dengan bandara ahahahaha 😀 Trus nemu website ini deh. Coba-coba booking lah pakai gettransfer. Ternyata doi sistemnya bidding bok. Jadi kita booking transfer car dari mana mau kemana, lengkap dengan waktu, tanggal dan jumlah orang yang diangkut (plus bagasi gw jelaskan juga). Lalu gak berapa lama akan muncul penawaran dari beberapa driver lengkap dengan informasi jenis mobil, tahun pembuatan, jumlah kapasitas, dan harga. Tentunya dengan nomor kontak mereka ya. Semua penawaran akan dikirim ke email kita.

Nah kita bisa tunggu beberapa saat bahkan seharian (siapa tahu menunggu harga yang lebih murah lagi) atau langsung accept penawaran mana yang kita terima. Nanti si driver akan menghubungi kita melalui email atau WA. Pembayaran bisa dilakukan melalui CC atau cash saat ketemu driver. Oh iya bedanya dengan getyourguide dimana pembayaran full ditagihkan melalui CC, sedangkan gettransfer bisa DP dulu sekian % yang ditagihkan ke CC, sisa pembayaran bisa dibayarkan saat bertemu driver langsung.


Booking Bus dan Train antarkota di Eropa

GoEuro

Seperti aplikasi lainnya semua diawali dari website. Goeuro emang udah terkenal untuk pemesanan transportasi di Eropa, antar kota dan negara. Fungsinya mungkin sama seperti skyscanner kali ya tetapi khusus untuk negara-negara di Eropa saja. Gw menggunakan ini untuk mencari perbandingan antara naik pesawat, bus atau kereta. Cuma untuk melihat jadwal kereta hanya tersedia 60 hari atau 30 hari sebelum hari keberangkatan saja. Gw pernah pesan tiket Train Renfe disini juga. Dari Madrid ke Barcelona gw pesan melalui GoEuro. Sedangkan untuk bus ALSA gw pesan melalui busbud. Kenapa gw beda ya pesannya? Hmmmm…agak lupa kenapa alasannya aahahaha 😀

Flixbus dan Goeuro

Flixbus

Sama halnya dengan GoEuro, aplikasi ini untuk ngecek jadwal bus antar kota di Eropa. Gw sendiri belum pernah coba, tapi teman gw yang November lalu abis traveling sebulan ke Eropa dia lebih sering pakai ini dibanding GoEuro. Katanya siy lebih akurat waktunya. Well, gak ada salahnya dicoba toh.

Busbud

Sebenarnya siy ini bukan aplikasi. Entahlah kalau udah ada aplikasi dan gw belum tau wkwkwk. Gw pakai busbud ini via website siy, saat pesan bus ALSA dari Madrid ke Bilbao. Enaknya sama dengan getyourguide, apabila ada cancel maka dana akan di refund ke CC kita. Sangat mudah dan Customer Service-nya juga oke banget.


Pemesanan Hotel & Penginapan

Booking.com

Airbnb dan booking

Siapa siy yang gak tau apa itu booking.com? Kayanya semua yang pernah halan-halan pasti pernah booking hotel menggunakan booking.com deh. Dulunya siy gw sering pakai agoda, tapi makin kesini booking.com yang jauh lebih user friendly, banyak pilihan hotel, dan harganya lebih murah makanya gw sering pesan hotel emang melalui booking.com. Aplikasinya mudah sekali digunakan, ciamik deh!

Airbnb

Sejak kemunculan dan popularitas airbnb yang meningkat tajam beberapa tahun terakhir, gw baru pertama kali menggunakan airbnb justru di Kuala Lumpur. Saat traveling ke Eropa dan Afrika kemarin gw sama sekali gak tertarik menggunakan airbnb. Kenapa? Karena gw gak tahu harus komplain ke mana bila ada kejadian tak diinginkan terjadi saat gw menginap disana. Airbnb bukanlah perusahaan yang menyewakan kamar penginapan, tetapi citizen alias masyarakat yang menggunakan jasa pihak ketiga (perusahaan teknologi) untuk menyewakan rumah/kamarnya kepada tamu/turis. Sehingga hubungan bisnis sebenarnya terjadi antara pemilik rumah dan tamunya. Kalau bener pemilik rumah baik dan bagus pelayanannya, kalau enggak gimana. So karena tidak adanya jaminan hukum, keselamatan dan koridor legalitas, sampai saat ini gw hanya menggunakan airbnb di kota/negara yang masih bisa gw kontrol dari Jakarta. Itu pun dengan review diatas 50 orang wkwkwkwk.


Penyedia Itinerary/Rekomendasi Perjalanan

Google trip

Nahhh ini juga ternyata penting banget. Bila biasanya kita bikin itin secara manual pakai table di word (itu gw sik ahahaha karena gak bisa pake excell), dengan adanya si google trip ini agak lebih mudah bikin urutan perjalanan day by day. Meskipun gw tetap bikin itin secara manual di word ya, tapi google trip membantu gw untuk riset lokasi/destinasi mana aja yang menarik dikunjungi. Trus kalau kita saved place, otomatis akan terkoneksi dengan google maps kita, jadi bakal lebih mudah untuk cari lokasi tersebut saat jalan-jalan

Visit a City


Sama halnya dengan google trip, si apps ini juga berfungsi menyediakan informasi destinasi/lokasi wisata yang menarik di banyak kota dunia. Lebih menariknya lagi adalah doi bisa membantu mengurutkan rencana perjalanan per hari itu. Bahkan prediksi berapa lama berada di lokasi wisata, berapa jauh perjalanan dan sebagainya.

Culture Trip


Gw pun baru kenalan sama si app ini siy, tapi udah jatuh cinta. Tidak sama dengan 2 apps diatas, culture trip cenderung menyediakan informasi dari sudut pandang yang berbeda, lebih mendalam dan mengupas sisi kebudayaan lokal suatu daerah. Jadi kalau butuh informasi lebih banyak mengenai suatu lokasi, transportasi atau makanan kota tertentu, culture trip akan menyajikannya dalambentuk artikel in-depth ala jurnalistik. Seru gak siy pas kita nyampe ke satu lokasi tapi kita juga paham apa yang kita lihat, bagaimana sejarahnya dan seperti apa fakta dibalik lokasi tersebut.

Culture trip akan membahas tentang suatu kota dari berbagai sudut pandang budaya. Sangat informatif.

TripAdvisor

Siapa coba yang gak tau trip advisor? Forum traveler tertua yang udah ada sejak tahun 2000 lalu. Diawali dari website base, sekarang tripadvisor bisa dinikmati melalui apps. Gw sangat terbantu dengan forum ini terutama untuk mencari review saat di Maroko. Cari info rental car, tour guide karena sakiiiiing buaaannyak banget tour guide beredar di internet untuk wisata di Maroko. Kan gw parno ya bok mana yang bener mana yang enggak, secara kaya semuanya bisa jadi tour guide gitu. Alhamdulillah berkat rajin oprek-oprek di trip advisor gw jadi mendapatkan rekomendasi terbaik.

Tripadvisor

Lain-Lain

Accu Weather

Ini juga wajib banget di download si apps satu ini. Apalagi kalau traveling ke beberapa kota/negara sekaligus yang memiliki perbedaan waktu, perbedaan iklim, suhu, cuaca dan sebagainya.

Muslim Pro

Aplikasi muslim pro rasanya juga wajib di download khususnya bagi traveler muslim. Selain menyajikan kompas yang membantu menunjukkan arah kiblat, juga akan otomatis memberikan informasi waktu sholat 5 waktu sesuai lokasi saat itu. Ada juga menu doa-doa harian yang bisa dibaca saat perjalanan.

Kalau teman-teman suka pakai aplikasi apa saat traveling? Sharing dong untuk mempermudah perjalan kita kan ^_^

Posted by

A journalist by heart, love writing and tell stories, architecture student also communication master, lecturer, creative content, wife + mom.

2 thoughts on “Aplikasi Wajib Dimiliki Untuk Traveling

Leave a Reply