Rute dan Itinerary Perjalanan ke Amerika Serikat 2023

Seperti biasa dalam traveling-traveling gw sebelumnya, jarang sekali yang singgah hanya di 1 negara. Padahal sebenarnya Amerika Serikat ini sangat luas negaranya, keliling negara tersebut sebulan aja gw rasa masih belum semua bisa dijelajahi. Namun, karena satu dan lain hal, terutama trik pengiritan agar dapat tiket pesawat dengan harga OK, maka rute perjalanan gw ke AS dalam rangka Chicago Marathon 2023 ini menjadi agak berbeda. Tidak mudah melakukan rute ini, karena banyaknya transit di beberapa kota bikin fisik udah capek duluan mikirinnya ahahaha. Tapi demi tiket harga OK, mari kita jalani rute ini.

Sebelumnya gw akan cerita dulu deh background kenapa gw ambil rute perjalanan yang rumit ini wkwkwk. Alasannya sederhana, karena rute PP Jakarta – US, itu mahal banget buat gw. Udah masuk ke tahap harga diatas Rp 20jt pp per orang. Buat gw ini mahal ya, jadi gw pasti akan cari alternatif rute penerbangan yang lebih murah. Salah gw adalah tidak membeli tiket sejak 6 bulan sebelum keberangkatan. Rencana perjalanan gw itu dimulai per akhir September 2023 hingga pertengahan Oktober 2023. Bulan Juli aja gw belom beli tiket loh. Gila kan?! Gak pernah gw seperti ini sebelumnya. Alasannya karena kegalauan gw apakah suami gw beneran bisa ditinggal selama gw ke US bareng si boi. Sementara doi akan mengikuti sidang proposal S3. Sebagai istri solehah gw antara pengen membatalkan misi Chicago Marathon gw dan mendampingi suami (meski gw juga bingung bisa bantu apa coba?), atau tetap nekat berangkat. Gw punya alasan kuat untuk harus berangkat meski gak sama suami, karena slot ChiMar ini hanya bisa digunakan terakhir kalinya di 2023. Slot gw ini semestinya di tahun 2020. Pandemi, dan bisa dimundurkan hingga 2023. Kalau gw gak ikut di 2023, otomatis slot gw hangus. Dan buat orang yang modal hoki dapat ballot tiap ikutan marathon WMM, tentu saja situasi begini bikin takut, parno email gw di blacklist trus jadi gak bisa ikutan WMM lagi nantinya. Hiks!

Oleh karena itulah hingga bulan Juli pun gw belum beli tiket karena hatiku masih galau. Suami juga galau antara pengen gak sidang atau tetap maju sidang ahahaha. Dia juga kepengen ke Amerika lah bok. Holywood dream lah kita korban pelem semua ya kan. Setelah mempertimbangkan cukup lama, akhirnya diputuskan lah cuma gw dan si boi yang berangkat. Cuzzz segera cari tiket.

Rencana perjalanan dengan itinerary awal : Jakarta >>> Washington DC >>> New York >>> Boston >>> Chicago >>> Jakarta

2 bulan sebelum keberangkatan, harga Emirates 1,5 : Rp23juta. Harga Turkish : Rp 28juta. Harga flight lain jangan tanya, jauhhhh di atas itu atau ya sama aja. Tinggal pilih waktu/jam keberangkatan saja.

Di suatu hari nan fitri pas gw lagi jogging di Ragunan, gw mendadak menemukan ide. Kenapa gw gak naik dari Singapore aja ya? Siapa tau harga lebih murah. Dulu pas traveling ke Portugal gw naik dari KL, karena di bulan Desember tiket dari Jakarta harganya naik drastis. Gw browsing deh kalau naik dari Singapore ke DC gimana, pakai flight apa yang termurah. TARAAAAAA….. BRILIIANT! Gw menemukan trik harga yang lebih masuk akal.

Jakarta – Singapore menggunakan Miles Krisflyer

Kebetulan miles gw di Krisflyer lumayan banyak. Sejak sebelum pandemi pun belum pernah digunakan. Kepotong pandemi, lumayan rupanya jumlahnya. Bisalah untuk tiket pesawat Jkt – Sing 2orang. Kebetulan miles ini harus segera digunakan juga kalau enggak akan hangus bertahap. Pas deh, gw pakai untuk beli tiket pesawat Singapore Airlines dari Jakarta – Singapore untuk 2 orang. Biaya tambahan cuma 500ribu sebagai administrasi.

Jadi juga liat Jewel dan main disini. Mahal yeee begini doang ahahaha

Selain itu alasan utama gw semangat berangkat dari Singapore adalah gw pengen ke Jewel Changi, karena gw belom pernah kesana sejak Jewel dibangun ahahahaha norak ye. Terakhir gw ke Singapore itu sekitar tahun 2015 kayanya deh, sementara Jewel baru dibangun tahun 2019. So begitu dapat ‘ide’ rute flight seperti itu, gw langsung semangat banget ahahaha. Oleh karena itu gw pilih penerbangan pagi banget ke Singapore, sementara penerbangan lanjutan menggunakan Saudia Airlines baru jam 17.00. Cukuplah gw pikir untuk explore Jewel ya kan, Belanja tipis-tipis siapa tau ada yang ditaksir ye kan. Eh fyi, BTV aka Beyond The Vines ada pop up store di Changi. Enggak gede siy, tapi lumayan lengkaplah, mostly cuma tas yang dijual, kalau apparel gak ada ya. Gw beli tas yang gede banget, jaring-jaring gitu. Tadinya iseng aja karena mumpung disini dan ya harganya jauh lebih murah udah dipotong tax refund langsung kan. Rupanya benar-benar kepake pas gw di US, untuk bawa belanjaan dsbnya. Gak sia-sia deh melipir ke BTV wkwk.

Singapore – Washington DC, transit di Jeddah

Dari Singapore ke Washington DC gw dapat fligh Saudia Airlines dengan harga termurah dibanding airlines lain, yaitu Rp7,7juta per orang. WOW banget kan. Tapi harus transit di Jeddah, dan durasi transitnya enggak ada yang sebentar, selalu lama. Karena mereka emang lagi ada promosi dengan menggunakan airlines Saudia Airlines ini umat muslim bisa melakukan umroh dulu selama 3-5 hari. Pesawat dijadwalkan tiba jam 21.00 waktu Jeddah, dan akan berangkat sekitar jam 08.00 pagi. Otomatis harus nginap di bandara dong ya. Hasil browsing untuk dapat info kondisi bandara Jeddah apakah cukup ok dipakai nginap atau gimana. Ternyata banyak yang mereview bahwa bandara tersebut tidak cocok dipakai transit menginap, fasilitas jelek dan agak kotor. Gw memutuskan sewa hotel deh 1 malam disana. Namanya Aerotel Jeddah. Lokasinya enak siy di tengah bandara jadi gampang kalau mau kemana-mana. Gw pesan melalui website mereka langsung. Kenapa? Karena di bookingdotcom atau third party gitu fullbooked pas gw pesan. Tapi di website mereka ada. So gw langsung pesan melalui website saja. Cuma ada kendala siy di awal pas gw check-in. Nama bookingan dan nomor bookingan gw gak ada. Padahal di email dan pembayaran sudah jelas ada. Resepsionis mereka juga bingung kenapa. Dugaan gw ada overbooked kayanya ya. Gw males ribut, beda sama customer lain yang marah-marah dan bentak-bentak. Ya mungkin emang salah pihak hotel ya. Cuma gw capek aja pakai ribut segala, gw tunggu aja mereka menyelesaikan masalah dengan baik. Kurang lebih 30 menit menunggu, gw udah bisa masuk kamar. And guess what? Kamar oke siy bersih rapi, tapi TIDAK ADA WIFI ahahahahaha. Jadiiiii wifi hanya ada di lobby. Subhanallah, negara terkaya di semenanjung Arab ini bahkan tidak mampu menyediakan wifi untuk para traveler di bandara wkwkwk. Langsung tidur ajalah, perjalanan masih panjang.

Penampakan hotel dari depan

Nah cost ini yang harus dihitung lagi ya. Room rate per malam sekitar 1,5-2 juta rupiah. Gw udah totalin semua fligh multi city dengan Emirates atau Turkish sekalipun, dengan rute begini yang harus transit sana-sini, tetap akumulasi harga ini paling murah saat itu gw pesan. Mungkin kalau gw pesan 2 bulan lebih awal akan berbeda hasilnya ya.

Ohya menariknya naik Saudia Airlines ini pas yang flight gw ya kebetulan penumpangnya sedikit. Jadi 1 orang bisa nempatin 1 row 3 kursi itu sendirian. Banyak yang bisa tidur goleran akhirnya. Karena gw bawa si boi, gw tetap stick di kursi gw aja deh. Tapi orang disampingnya untung pindah jadi kita enak cuma berdua aja.

Washington DC – New York

Dari DC ke New York gw naik Amtrak, kereta apinya Amerika Serikat. Sebenarnya lebih enak naik bus siy kata orang-orang, karena bisa lewatin jalan Amerika yang scenerynya bagus. Sayangnya gw baru tau setelah membeli tiket Amtrak. Ya sudahlah bund, masa harus cancel, sayang duitnya ya kan wkwkwk. Katanya yang bagus itu Greyhound Bus, banyak titik destinasinya di New York. Next ya Insya Allah kalau ada rejeki lagi ke Amerika Serikat, mau coba naik bus antar kota mereka.

Capitol Building

Waktu beli tiket Amtrak ini gw pilih yang economy class aja dengan alasan ekonomis tentunya ahaha. Lagipula pas baca-baca review orang tentang kondisi business class dan economy itu gak jauh beda. Cuma di business class udah dikasih nomor kursi per penumpang, sementara layaknya kelas jelata ya nomor kursi harus diperebutkan tsay ahahaha. But it’s okay. Rata-rata mereka juga gak mau kok duduk sesama penumpang lain, selama masih ada kursi kosong di gerbong lain.

Pro tip : Teliti memilih gerbong, jangan masuk ke gerbong pertama atau paling ujung karena itu biasanya Silence Train. Alias disini penumpang gak boleh ngomong bok apalagi ngobrol. Gw kan gak tau ya, langsung liat kursi kosong ya langsung duduk. Begitu ngobrol sama si boi, langsung ditegor sama bule di depan yang lagi kerja. Ssssttt…..sorry, saya mau mengingatkan ini gerbong silence jadi dilarang ngobrol. Langsung kicep dong kita ahahahaha. Berikut dengan nenek-nenek disebelah gw yang juga ditegur doi wkwwk. Gak salah sih masnya, dia sengaja naik gerbong itu demi fasilitas hening yang ditawarkan kali ya wkwk.

New York – Boston

New York ke Boston gw kembali menggunakan Amtrak. That’s why gw booking hotel yang dekat dengan stasiun utama Moynihan Trail Station aka Stasiun Penn di New York, karena 2x perjalanan ke luar kota menggunakan train. Dari DC ke NYC dan NYC ke Boston. Daripada pusing angkut koper kelamaan, maka pilihlah penginapan yang dekat dengan stasiun. Kecuali kalau pakai travel ya, semua diurusin. Sama halnya dengan pembelian Amtrak sebelumnya, gw pilih kelas ekonomi lagi. So far aman siy gw selalu dapat duduk berdua dengan si boi.

Brooklyn Bridge NYC

Boston – Chicago

Dari Boston ke Chicago gw naik Delta Air. Gw kembali tidak memilih kursi, karena ogah bayar lagi untuk tambahan memilih kursi ahaha. Gw biarin aja si boi nanti anteng duduk disebelah bule, terserah deh, dia harus bisa pokoknya. Eh rejeki yaaa ketemu sama ibu-ibu Indonesia yang emang mau Marathon juga ke Chicago. Dikasih deh tukeran duduk sama si boi ehehehe. Tuh rejeki anak ada aja. Tapi ini pertimbangan gw karena si boi udah cukup besar ya, udah kelas 2 SMP bukan anak SD lagi lah. Harusnya dia udah bisa mengatasi situasi seperti ini, ditengah orang asing.

Harvard

Chicago – Jakarta, transit di Istanbul 20 jam

Daaaannn ini dia highlight dari rute penerbangan gw yang ajaib dan rumit ini ahahaha. Transit di Istanbul dan bisa jalan-jalan dulu di kotanya. Itu kenapa gw pengen naik Turkish karena ada fasilitas transit lama begini dan emang kebetulan harganya paling OK sejak gw browsing 6 bulan sebelum keberangkatan pun. Turki bebas visa untuk warga negara Indonesia, jadi aman keluar bandara gak masalah. Kebetulan gw belom pernah ke Turki, maka excited dong menginjak negara baru meski cuma 20 jam ajah. Untuk tiket Chicago – Jakarta dengan transit Istanbul gw dapat di harga 9,8 juta rupiah per orang. Lumayan banget. Kembali, harga ini terhitung OK karena gw pesan tiket cuma 2 bulan sebelum keberangkatan. Jadi tidak bisa disamakan dengan membeli tiket udah jauh-jauh hari seperti 6 bulan sebelumnya. Itu siy masih sangat banyak pilhan tiket dengan harga ciamik.

Chicago River

Pro tip : Bandara Istanbul juga tidak free wifi. Ya free siy cuma 1 jam dengan scan paspor. Setelah itu harus bayar, dan simcard yang dijual di bandara harganya 2-3x lipat dari harga simcard semestinya yang di jual di kota Istanbul. Jadi saran gw kalau mau transit disini dan gak keluar bandara, aktifin kuota data luar negeri dari nomor selular masing-masing. Atau udah beli nomor Turki sejak dari Jakarta. Jangan beli di bandara aja pokoknya, muahallll!

Istanbul

Jadi kira-kira kalau di total penerbangan Jakarta – Washington, Chicago – Jakarta = Rp 500.000 + Rp 8.000.000 + Rp 10.000.000 = Rp 18.500.000 per orang.

Di saat gw akan membeli tiket di bulan Juli akhir untuk keberangkatan di akhir September, harga Turkish yang gw incar sudah fluktuatif dari 24 juta ke 32 juta. Emirates stay di 22-24 juta. Qatar, Etihad dll udah diatas 25 juta semua. So this was the best decision i could have made. Terima kasih terbesar sebenarnya ya sama Allah SWT. Gw udah desperate banget gak dapat harga OK untuk pesawat, gw rutinin deh tuh sholat tahajud, sholat hajad dll, agar dimudahkan dan diberi petunjutk. Eh beneran Allah mendengar doa gw, tiba-tiba aja gw dapat kaya AHA Moment gitu loh. Langsung gw browsing dan alhamdulillah diitung-itung masih OK harganya. Alhamdulillah ya Allah. Jadi ges, ingat ya kekuatan doa dalam hal apapun yang dilakukan di dunia.

Untuk itineray lengkap bisa dilihat disini ya. Gw akan bahas per kota juga nanti, tunggu aja ^_^

Posted by

A journalist by heart, love writing and tell stories, architecture student also communication master, lecturer, creative content, wife + mom.

2 thoughts on “Rute dan Itinerary Perjalanan ke Amerika Serikat 2023

Leave a Reply