Rekomendasi Kacamata Bluetooth Speaker untuk Olahraga

Penting banget rasanya gw bikin tulisan review kacamata hitam ini, siapa tau ada yang kaya gw dulu. Suka olahraga menggunakan kacamata hitam, earphone dan topi. Kebayang kan “padatnya” area telinga dijadiin cantolan macem-macem. Belum lagi pas pandemi kita semua harus pakai masker. Beuhhh…. ramai banget rasanya telinga gw. So browsing lah gw, ada gak siy sunglasses yang sekaligus fungsinya speaker atau earphone? Eh taunya ada dooong. Tapiii….harga masih mahal banget, sekitar Rp 5juta, langsung mundur dan ragu kita. Alhamdulillah 2023 toko orens makin ramai dengan barang China, ada dooonggg versi murahnya ahahaha. Gak nyampe 500 ribu lagi, cuz ah beli!

Berdasarkan artikel tahun 2021 yang ditulis disini, maka merk terbaik dan terfavorit adalah Bose. Dan harganya WOW dong. Gw sampai datangi langsung toko Bose di Grand Indonesia untuk cek kacamata ini. Ternyata emang ada dan sebagus itu sekaligus semahal itu wkwkwk. Sekitar Rp 4-6 juta tergantung modelnya. Pas dicobain suaranya emang bagus dan keren siy, tapi ya kalau harga segitu gw mikir agak lama nih mau beli. Trus gw balik ke rumah kan lanjutin riset soal kacamata ini. Baru ketemu 2 brand yang keluarin sunglasses multifungsi ini. Bose dan Huawei. Huawei collabs lagi dengan Gentle Monster, aslik bagus banget keren kalau dipakai. Kualitas suara juga oke banget. Huawei harga sekitar Rp 4juta. Makin mikir mau beli karena harga yang gak murah. Laluuuu tetiba gw bacalah deskripsi lebih jelas lagi, bahwa “kacamata ini tidak bisa beroperasi di suhu diatas 40 dercel. Waduuuhhh…. gimana gw bisa pakai kacamata ini di Jakarta, sedangkan Jakarta suhunya kalau lagi gila bisa mencapai 40 derajat lebih. Langsung deh mundur teratur. Gak jadi ah beli, wong gak bisa dipakai disini.

Waktu berlalu iseng liat di Shopee ada yang jual kacamata bluetooth dengan harga murah, cuma ratusan ribu rupiah. Ah gw coba aja deh beli, kalau emang gak bisa dipakai di suhu panas toh gak rugi banget, harganya masih terhitung affordable. Gw beli deh merek KIIP, karena ini yang paling sering muncul di explore. Ada yang lebih murah harganya, dan lebih mahal diatas Rp 1 juta, tapi gw prefer yang harga sedang aja deh.

Paketnya datang dengan lensa hitam dan bening (tanpa resep) kabel charger dan kotak kacamata. Cara nge-charge cukup tempelin aja ujung kabel ke masing-masing gagang kacamata, trus liat aja lampu kecil nyala di sisi gagang kacamata. Udah deh tunggu aja sekitar 2 jam-an untuk nge-charge.

Untuk menyalakannya cukup pencet kenop kecil di bawah masing-masing gagang, trus akan ada suara mbak-mbak ngomong “power on” pertanda kacamata udah nyala. Kemudian sambungkan dengan bluetooth handphone, si mbak-mbak bakal ngomong lagi “connected” wkwkwk. Udah deh tinggal dipakai kacamata sambil beraktifitas. So far gw pakai selama Marathon sekitar 6 jam kurang, si kacamata tetap aman gak habis baterenya. So asumsi gw dipakai sekitar 6-8 jam kayanya siy masih bisa.

Kualitas suara siy cukup baik ya. Enggak begitu kencang dan tidak begitu lembut. Masih bisa banget didengar ditengah keramaian. Cuma gw belum coba untuk menelpon dengan menjauhkan handphone, apakah kacamata ini ada microphone juga? Di deskripsi produk siy tidak ada, jadi kalau gw menelpon atau menerima telpon tetap harus mendekatkan microphone handphone ke mulut gw.

Salah satu kelebihan kacamata bluetooth ini adalah telinga gw gak kebanyakan dicantolin barang : kacamata, masker, earphone atau bahkan kena topi. Cukup kacamata aja sama topi yang ada di kepala. Kelebihan berikutnya adalah kita masih tetap bisa dengar suara sekitar, jadi gak begitu terperangkap sama musik yang lagi didengar. Tentu saja hal ini baik untuk kesehatan telinga dong, dimana penggunaan headset atau earphone bisa membahayakan gendang telinga. Bagi yang suka olahraga outdoor juga bagus banget karena kita masih bisa dengar suara kendaraan yang lewat, klakson dan sejenisnya. Aman buat para penyuka olahraga.

Posted by

A journalist by heart, love writing and tell stories, architecture student also communication master, lecturer, creative content, wife + mom.

One thought on “Rekomendasi Kacamata Bluetooth Speaker untuk Olahraga

Leave a Reply